download film sharing download download download full download full download lagu

Perbedaan Software Instal dan Portable


Tasik Net - Pasti diantara kita pernah ada yang menggunakan software instaler dan software portable, iya kan. nah kalo begitu apa itu software Instaler dan Portable?
terbersit dalam pikiran kalo software instaler itu berat,lama,rumit. berbeda dengan software portable yang simple dan gampang. nah itu memang benar sekali dibandingkan software instaler software portable lebih mudah, its its tapi dalam hal kesempurnaan dan kekomplitan berbeda sekali, software instaler lebih sempurna daripada software portable.
Tapi dibalik kelemahan dan kekurangan software portable, software portable sudah banyak menolong kita-kita, Fakta loh. Itu teralami pas kejadian microsoft office yang saya punya mengalami erorr, rasanya hancur !!!  haha. Tapi saya tidak berkecil hati karena ada guru yang setiap saat selalu membantu saya dan juga anda mungkin, siapakah dia? yap mbah google,hehe setelah ane nyari nyari kesana kemari akhirnya saya temukan juga software portable yang saya cari, setelah dicoba dan akhirnya yap Berhasilll .... hehe

Berikut penjelasan secara agak rinci perbedaan software Instaler dan portable :

Installer artinya penempatan. Jadi maksudnya adalah menempatkan atau memposisikan software yang dimaksud pada sistem windows. Pada umumnya, setiap software yang terinstal selalu melakukan pendaftaran pada regedit (Registry Editor). Adapun hal yang tercatat dalam regedit tersebut adalah berbagai informasi tentang pengaturan/perubahan setelan pada software terkait.

Makin banyak software yang diinstal, maka makin banyak pula yang tercatat pada regedit. Dan secara otomatis hal ini akan memakan ruang pada memori Hardisk maupun RAM. Sehingga dalam jangka waktu tertentu, memori akan penuh dan kinerja PC akan semakin melambat.


Berbeda dengan installer, software portable jauh lebih praktis tanpa melalui proses instal terlebih dahulu. Sehingga kita bisa langsung menggunakan software tersebut dengan SEKALI KLIK! (atau double click) dari perangkat portable lain, seperti: FlashDisk. Dengan kata lain, software portable bekerja pada lingkungannya sendiri tanpa melibatkan sistem pada windows dan tanpa melakukan proses pendaftaran pada registry.


Ciri - ciri perbedaanya :

- software portable Tidak memerlukan adanya instalasi pada windows, berbeda dengan software instaler yang harus menginstalasi dahulu ke driver ini akan memerlukan banyak proses, portable kadang hanya memerlukan klik satu kali saat menginstal software portable.

- Software portable sangat ringan berbeda dengan software Instaler, akan mempermudah dalam penyimpanan di hardisk external atau plasdist

- software portable Tidak perlu menuliskan registry baru atau merubah settingan pada sistem berbeda dengan software Instaler yang harus menuliskan registrasi dan merubah settingan sistem.

- software portable Tidak pernah meninggalkan jejak pada log windows, ini memungkinkan driver tidak akan mengalami berat data saat Instal berbeda dengan software instaler yang akan pasti meninggalkan log.  




Kelebihan dan kekurangan software Instaler dan Portable :

- kebanyakan software portable Gratis berbeda dengan Instaler yang biasanya berbayar meskipun tidak semua yang berbayar 
- ukuran software Instaler relatip lebih besar dibandingkan dengan software portable sehingga berpengaruh di driver
- praktis atau tidak, yang jelas portable tidak akan membutuhkan tempat yang besar
- software portable tidak akan meninggalkan jejak sehingga sistem di komputer aman
- dalam hal masalah kesempurnaan tetap software instaler lebih sempurna dan komplite,


dari semua itu diatas tergantung kita mau menggunakan yang mana, tetapi dalam keadaan terdesak atau sepintas saja, ada baiknya juga menggunakan software portable....
   

1 Response to "Perbedaan Software Instal dan Portable"